Jumat, 03 Mei 2013

Tips Cara Belajar Efektif: Belajar di Perguruan Tinggi

Belajar di Perguruan tinggi adalah suatu pekerjaan yang berat. Sebagai mahasiswa sedianya harus mengikuti kuliah secara tertib, mempelajari buku-buku yang pada umumnya tertulis dalam bahasa asing, harus menghafalkan berbagai macam teori dan pengertian, harus melakukan penelitian di laboratorium dan perpustakaan, membuat laporan-laporan tertulis dan sebagainya. sebagai mahasiswa harus betul-betul mencurahkan pikiran dan tenaganya selama beberapa tahun.
Belajar di PT sangat berbeda dengan belajar di Sekolah Menengah. Tanggung jawab belajar hampir seluruhnya dipercayakan pada diri sendiri. Pengajar atau dosen hanya memberikan dasar-dasar pengetahuan saja. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dituntut adanya sikap tertentu dalam belajar. salah satu sikap tersebut harus mampu mengenal TIPS CARA BELAJAR EFEKTIF. ada berbagai cara yang dapat diaplikasikan sebagai mahasiswa agar belajar yang diterapkan betul-betul dapat mencover seluruh aktivitas kuliah yang serba sibuk. sehingga harapan untuk menjadi mahasiswa yang lulus dengan nilai Cumlaude dapat direalisasikan.
Sikap rohani memungkinkan diri kita sebagai mahasiswa mampu menciptakan sikap mental. yang mana sikap mental untuk menghadapi ini mampu meretas segala kesulitan dan hambatan-hambatan dalam belajar. tanpa kesediaan mental ini sebagai mahasiswa akan mudah mengalami frustasi, dan akhirnya menjadi putus asa. Agar diri ini sebagai mahasiswa memiliki kesediaan mental padanya harus ada cita-cita, minat terhadap pelajaran, kepercayaan pada diri sendiri, keuletan dan kebebasan jiwa.
Sebagai seorang mahasiswa yang belajar di Perguruan Tinggi harus didukung oleh suatu cita-cita tertentu. Harus memiliki tujuan tertentu. Mampu tahu benar untuk apa ia belajar. tanpa dorongan cita-cita ini semangat belajar akan mudah sirna tatkala menghadapi kesulitan-kesulitan. sehingga pada akhirnya setiap tahun pindah Fakultas atau jurusan, dan berimplikasi pada kegagalan. pada dasarnya cita-cita saja belum menjamin seorang mahasiswa berhasil dalam studinya. Di samping cita-cita, minat terhadap pelajaran juga merupakan faktor yang mendorong semangat belajar. dengan adanya minat maka sebagai mahasiswa akan mempunyai kegembiraan dalam belajar, sehingga dapat berkonsentrasi dan memaksimalkan cara belajarnya.
Banyak mahasiswa yang selalu merasa dirinya tidak mampu, merasa lebih rendah dari orang lain dan tidak percaya diri. hal ini akan berkibat pada kegagalan yang tak seharusnya terjadi. seperti misalnya setip kali menghadapi test/ujian, pasti akan menjadi panik dan cemas, sehingga dengan kondisi yang seperti ini membuat seluruh materi yang akan diujiankan akan terbloking (hilang). lagi-lagi ini adalah proses pembelajaran yang sangat bodoh dan fatal yang tidak layak ditiruh oleh mahasiswa dan calon mahasiswa.
Sebagai mahasiswa yang konon memiliki sikap sosial tinggi , sangat berpotensial sekali terhadap masalah-masalah dalam studinya. baik yang berhubungang dengan pribadi, keluarga maupun pada lingkunggnnya yang semuanya ini sangat komplit dan pasti akan dijalani oleh semua mahasiswa. mau tidak mau hal ini akan berdampak pada prestasi yang bisa jadi akan berdampak pada nilai akademik yang berubah drastis. namun, bukan berarti polemik tersebut tidak bisa dipecahkan. sebagai mahasiswa seyogyanya melek dan kritis sedini mungkin akan kondisi tersebut. mampu mencurahkan seluruh kemampuan yang ada untuk dijadikan tameng dan perisai demi memimpikan masa depan yang gemilang.
Hal tersebut pastinya bukan sifatnya instan sama seperti membalikkan telapak tangan yang serbah muda, akan tetapi suatu pekerjaan keras yang membutuhkan komitmen kuat dan proses panjang dengan jalanan yang serba terjal untuk meraih cita-cita tersebut. namun, bukan berarti tidak ada jalan yang tidak dapat dilakukan oleh mahasiswa. Pepatah mengatakan tidak ada yang tidak mungkin didunia ini kalau disertai dengan usaha yang keras. semua kata yang awalnya tidak mungkin akan menjadi maungkin.
Sebagai seorang mahasiswa kehadiran sikap Belajar efektif dalam aktivitas sehari-harinya adalah suatu yang wajib dilakukan. ide dan metode-metode efektif dalam belajar haruslah menjadi senjata utama dalam memecahkan rutinitas akademik yang terpeta-petakan. sehingga ketakutan akan ketihadaksuksesan dalam proses perkulian dapat diretas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar